Enam Berkas yang Wajib Kamu Siapkan di Seleksi CPNS 2019!





Seleksi CPNS sudah di depan mata. Maka itu, ayo siapkan berkas-berkas yang akan digunakan dalam rangkaian seleksi CPNS nanti.

baca juga: Info CPNS Terbaru

Pertama, E-KTP. Berkas pertama adalah berkas paling penting. Di E-KTP bahkan digunakan pada saat pembuatan akun di web SSCN. Oh iya, jangan lupa siapkan fotokopinya juga ya! Sebagian pemda malah mensyaratkan fotokopi E-KTP yang sudah dilegalisasi Disdukcapil. Mumpung masih lama, yok siapkan dari sekarang!

Kedua, Kartu Keluarga. Pastikan Kartu Keluarga tersimpan rapi ya! Pada saat pemberkasan, biasanya panitia meminta peserta seleksi untuk membawa E-KTP dan KK yang asli. Jangan lupa untuk menyedikan fotokopinya juga.

Ketiga, foto. Nah, untuk seleksi CPNS siapkan foto resmi dengan latar biru/merah. Bagi laki-laki, gunakan foto dengan jas berwarna gelap dan rambut yang tersisir rapi. Bagi perempuan, kenakan blazer formal dan usahakan jilbab tidak menutupi jas atau blazer.

Keempat, ijazah. Nah, siapkan ijazah sesuai dengan formasi yang akan dituju. Jangan lupa, sediakan juga fotokopi ijazah yang sudah dilegalisasi oleh pejabat kampus setingkat Dekan Fakultas (wakil dekan juga boleh kok!)

Kelima, oh iya hampir kelewatan ya. Poin kelima bukan berkas sih, tapi alamat email aktif. Sejak 2014, seleksi CPNS sepenuhnya menggunakan sistem online. Jadi, jika tidak memiliki email, maka sudah dapat dipastikan tidak bisa mendaftar di seleksi CPNS tahun ini.

Nah, terakhir adalah transkrip nilai. Sama dengan ijazah, siapkan fotokopi transkrip yang sudah dilegalisasi ya!

Demikianlah enam berkas yang wajib kamu siapkan dal menghadapi seleksi CPNS tahun ini. Semoga berhasil! 

Comments