Khalifah Terakhir Umat Islam

Sultan Abdul Madjid II


Betapa abainya pembelajaran di sekolah. Sejak SD hingga SMA, tidak ada satu pun yang membahas sebab musabab keruntuhan Kekhalifahan Turki Utsmani.

Sebagai orang Islam, perlu kiranya untuk mencari tahu lebih dalam tentang sejarahnya sendiri. Setelah mencari tahu, menelaah, kemudian menulisnya. Jika kemudian kita abai dan sejarah kita justru ditulis oleh orang lain, barulah kita teriak dan mendikte bahwa mereka adalah antek orientalis. Perilaku yang sungguh memalukan.

Abdul Mejid II (juga dieja Abd-ul-Mejid, Abdülmecit; bahasa Arab: عبد المجيد الثانى‎: Abdul Majid II) (lahir di Beşiktaş, Istanbul, 29 Mei 1868 – meninggal di Paris, Prancis, 23 Agustus 1944 pada umur 76 tahun) ialah khalifah terakhir Turki Utsmani, khalifah ke-101 sejak Abu Bakar.

Lahir pada 29 Mei 1868 di Istana Dolmabahçe di Istanbul(bekas Konstantinopel) dari Sultan Abd-ul-Aziz. Ia dididik secara pribadi. Pada 4 Juli1918 saudaranya Mehmed VImenjadi Sultan. Menyusul pendepakan sepupunya dari tahta pada 1 November 1922jabatan sultan dihapuskan. Namun pada 19 November1922, ia diangkat sebagai khalifah oleh Majelis Agung Nasional Turki di Ankara.

Ia memerintah dari Istanbul, pada 24 November 1922. Pada 3 Maret 1924 ia diturunkan dan diusir dari Turki bersama dengan sisa keluarganya

Comments